Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Kecantikan dari Dalam dengan Vitamin

 


Kulit tubuh akan jadi cantik dari dalam dengan asupan vitamin yang terpenuhi. Tapi untuk mendapatkan kulit yang cantik alami, kamu wajib memenuhi asupan vitamin tubuh setiap hari. Karena vitamin memegang peranan yang sangat penting untuk menunjang kecantikanmu.

Vitamin bisa didapatkan dari asupan makanan dan minumanmu setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi suplemen khusus yang mengandung berbagai vitamin terbaik untuk kulit.a

Pasti pada penasaran kan, kira-kira vitamin apa saja sih yang dibutuhkan oleh kulit untuk mendapatkan kecantikan alami dari dalam?

1. Vitamin A

Vitamin terbaik untuk kulit yang asupannya harus kamu penuhi pertama adalah vitamin A. Meskipun terkenal sebagai vitamin terbaik untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga memegang peranan penting untuk kulit. Vitamin A berfungsi mencegah kulit kering hingga memperbaiki lapisan sel kulit yang rusak.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, produk hati, ubi jalar, bayam dan sayuran hijau lainnya dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit.

Saat ini juga sudah ada banyak suplemen kulit yang mengandung Vitamin A dan bisa rutin untuk kamu konsumsi sesuai aturan pakai.

2. Vitamin B3

Vitamin B3 baik untuk menunjang kecantikan. Berikutnya, kamu juga harus memenuhi kebutuhan asupan Vitamin B3. Vitamin B3 punya banyak manfaat untuk kecantikan.

Niacinamide merupakan zat turunan Vitamin B3 yang sudah terkenal sangat penting untuk kecantikan. Niacinamide sering dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat maupun bekasnya, mencerahkan kulit, bahkan sampai mengendalikan gejala rosacea.

Vitamin B3 juga cukup ampuh untuk mengendalikan pertumbuhan melanin yang turut andil dalam menggelapkan warna kulit.

Sama seperti vitamin lain, Vitamin B3 turut mengandung antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Vitamin B3 ternyata juga mampu untuk mengurangi produksi sebum dan mengecilkan pori-pori yang membesar.

3. Vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks juga sangat bagus untuk menunjang kecantikan kulit, jadi cocok untuk dikonsumsi secara rutin. Vitamin B-kompleks dipercaya ampuh mencegah penuaan dini.

Selain itu, kekurangan vitamin B-kompleks lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, kulit kering, kulit keriput, ketombe dan bibir pecah-pecah.

Dengan begitu, pastikan kamu memenuhi  asupan vitamin B-kompleks dengan mengonsumsi biji-bijian seperti oatmeal, gandum, kacang-kacangan, daging dan ikan, ya!

4. Vitamin C

 

Vitamin yang penting untuk menunjang kecantikan yang berikutnya adalah vitamin C.

Vitamin C kaya akan kandungan antioksidan yang mampu membantu tubuh memproduksi kolagen.

Maka tak heran, banyak sekali produk skincare seperti serum wajah maupun pelembap yang diperkaya dengan vitamin satu ini.

Berkat kemampuannya untuk membantu meningkatkan produksi kolagen, vitamin C penting untuk mencegah tanda-tanda penuaan seperti munculnya kerutan, serta membantu mencegah kulit kering.

Mengonsumsi vitamin C juga dapat membantu meningkatkan efektivitas aplikasi tabir surya di kulit. Kamu dapat mengonsumsi vitamin C sebanyak 1.000 mg per hari.

 

5. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan memperkuat jaringan tulang dan gigi.

Selain itu, vitamin D juga penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan kulit, termasuk untuk mendukung pengobatan psoriasis, mencegah jerawat, dan mengatasi peradangan atau iritasi di kulit.

Jumlah asupan vitamin D harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram. Sedangkan untuk lansia adalah sekitar 20 mikrogram. Salah satu cara paling sederhana untuk memenuhi asupan vitamin D harian tubuh adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

 

Selain itu, vitamin untuk kulit ini juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

6. Vitamin E

Salah satu vitamin yang sangat populer memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit adalah vitamin E. Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Menggunakan vitamin E dipercaya bermanfaat untuk mengurangi keriput, mengatasi kulit kering, meredakan peradangan di kulit, serta mencegah dan menghilangkan bintik hitam pada kulit.

Vitamin untuk kulit ini biasanya mudah ditemukan dalam beberapa produk perawatan atau skincare kulit, baik dalam bentuk losion, krim, atau serum. Umumnya jumlah asupan vitamin E yang perlu dipenuhi oleh orang dewasa adalah sekitar 15 mikrogram per hari.

Vitamin untuk kulit ini bisa peroleh dari berbagai makanan, seperti kacang, biji-bijian, gandum, serta minyak nabati yang sehat, seperti minyak kedelai dan minyak zaitun.

Kamu juga bisa menemukan vitamin ini di berbagai suplemen kecantikan. Tapi pastikan sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E, produk yang dipilih benar-benar original dan sudah BPOM, ya.

7. Vitamin K

Vitamin yang ternyata juga penting untuk kulit berikutnya adalah Vitamin K. Kalau vitamin ini memegang peranan penting dalam penyembuhan luka di kulit. Tentu saja, kalau kulitmu mengalami luka dan membekas, hal itu bisa memengaruhi penampilan, bukan? Vitamin K berperan dalam proses perbaikan jaringan pada kulit sehingga mampu mencegah hilangnya cairan dari jaringan kulit .

Penggunaan vitamin ini juga  mampu meredakan peradangan pada beberapa masalah kulit seperti dermatitis atopik (eksim) atau psoriasis umumnya mengalami gejala kulit gatal, kering, dan bersisik. Pada makanan, vitamin K biasanya ada di dalam sayur kale, bayam, hingga brokoli.

 

 



Posting Komentar untuk "Rahasia Kecantikan dari Dalam dengan Vitamin"