Perawatan Wajah Berjerawat yang Perlu Diketahui









Perawatan wajah berjerawat memang sangat penting dilakukan secara rutin dan tepat agar jerawat yang muncul dapat dengan mudah teratasi. karena jika sampai salah dalam perawatannya bukan jerawat dapat hilang melainkan malah semakin bertambah parah.


Selain itu, perawatan wajah yang benar juga dapat menghindari terbentuknya bekas jerawatlagi. Saya banget nih yang sempat putus asa banget dengan aneka bekas jerawat di pipi. selain membekas dengan noda di wajah juga tekstur kulit menjadi tidak halus  serta mencegah jerawat muncul kembali.

Jerawat, pada umumnya dialami oleh remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Selain itu jerawat juga muncul pada siapa pun yang memiliki tipe kulit wajah berminyak dan yang suka malas membersihkan wajah. misalnya malam sudah kemalaman dari pesta dan sampai rumah langsung tidur saking capeknya. tahu-tahu keesokan harinya akan muncul jerawat di jidat kita.

Jerawat ada dimana saja?


biasanya jerawat datang di wajah kita. Namun ada kalanya tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuh lain, seperti punggung, telinga, dada, atau leher. huhuhu nyebelin banget kan ya memang si jerawat ini.

Pada saat wajah sedang berjerawat,  Hal yang penting bagi Anda laakukan adalah yang pertama  membersihkan wajah dengan cara yang baik dan benar, Karena jerawat yang tidak diatasi atau dibersihkan dengan benar bisa menyebabkan bekas jerawat permanen sehingga bisa mengganggu tampilan wajah.

Langkah- Langkah Perawatan Wajah Berjerawat


Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, berikut ini adalah beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri:

1. Cuci muka 2 kali sehari

Salah satu cara merawat kulit wajah berjerawat yang penting dilakukan adalah dengan mencuci wajah 2 kali sehari, pada pagi hari dan di malam hari sebelum tidur. Anda juga perlu membersihkan wajah ketika kulit wajah banyak berkeringat atau terlalu berminyak.

Saat mencuci wajah, gunakan air bersih serta sabun berbahan kimia ringan dan lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada wajah. Anda juga bisa memilih sabun wajah yang mengandung sulfur.

Hindari menggosok kulit wajah yang berjerawat terlalu kencang karena hal ini bisa membuat jerawat pecah dan semakin parah.

2. Gunakan pelembap dan toner

Setelah mencuci wajah, Anda juga bisa menjaga kelembapan kulit wajah dengan menggunakan toner dan pelembap. Namun, agar lebih aman, pilihlah produk perawatan wajah yang tidak mengandung alkohol dan lembut untuk wajah.

Ini karena produk yang mengandung bahan iritatif, seperti alkohol, bisa memicu breakout dan membuat kulit wajah semakin berminyak. Hal ini justru membuat jerawat lebih parah atau muncul lebih banyak.

3. Hindari menyentuh atau memecahkan jerawat

Agar jerawat tidak bertambah parah, hindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama dengan tangan yang kotor. Anda juga sebaiknya tidak memecahkan jerawat karena bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan terbentuknya jaringan parut atau bekas jerawat yang parah di wajah.

4. Lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara berlebih dapat meningkatkan produksi minyak atau sebum di wajah. Hal ini membuat wajah rentan mengalami komedo dan munculnya jerawat baru. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari saat wajah sedang berjerawat.

Jika hendak beraktivitas di bawah terik sinar matahari, gunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pilihlah produk yang berlabel bebas minyak atau cocok untuk kulit wajah berminyak.

5. Bersihkan make up di wajah

Pastikan Anda membersihkan wajah setelah menggunakan make up. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan tidur dengan make up masih menempel di wajah, ya.

Saat hendak menggunakan make up, Anda pun dianjurkan untuk memilih produk kosmetik dengan label noncomedogenic atau nonacnegenic, karena kedua produk tersebut tidak menyebabkan jerawat.

6. Gunakan produk perawatan kulit untuk wajah berjerawat

Selain beberapa cara di atas, ada juga perawatan wajah berjerawat lain yang tak kalah penting, yaitu menggunakan produk perawatan khusus untuk wajah berjerawat. Produk tersebut umumnya mengandung benzoil peroksida, retinoid, asam azaleat, asam salisilat, atau asam glikolat.

Tidak hanya mengurangi peradangan di kulit wajah, penggunaan produk di atas juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mendukung perbaikan jaringan kulit setelah jerawat hilang.

Namun, sebelum membelinya, pastikan Anda membaca informasi kandungan yang tertera pada label kemasan produk dan selalu ikuti petunjuk penggunaannya.

7. Konsumsi makanan yang sehat

Kebiasaan mengonsumsi produk olahan susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi, misalnya makanan tinggi karbohidrat atau makanan yang terlalu manis, diketahui dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat, bahkan memperparah kondisi jerawat.

Sebagai gantinya, jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk kulit yang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin C dan vitamin E.

Jika berbagai perawatan wajah berjerawat di atas tidak efektif untuk menghilangkan jerawat yang muncul atau bahkan jerawat semakin parah dan menyebar ke area yang lebih luas, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai kondisi jerawat yang Anda alami.


Get notifications from this blog