Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Munculnya Uban Di Usia Muda

 



 

Memiliki Uban bukanlah hal yang Tabu. Namun ada kalanya uban muncul di usia yang tidak kita inginkan. Contohnya saya memiliki teman yang sudah tumbuh uban disana-sini pada usia 16 tahun.

Yups, sangat muda belia sekali dimana seharusnya di usia segitu belum tumbuh. Namun tentu saja uban tidak akan serta merta tumbuh kalau tidak ada pemicunya bukan?

 

Dibawah ini ada beberapa penyebab uban tumbuh secara dini di kepala kita

 

Polusi Udara

Lingkungan kita yang penuh dengan polusi menimbulkan racun hingga  bisa membuat rambut beruban lebih cepat dari pada seharusnya.

Polutan yang ada di lingkungan sekitar kita bisa menghasilkan radikal bebas yang akan merusak melanin. Tak hanya itu Polutan juga akan mempercepat proses penuaan pada rambut.

Apabila kita tinggal di lingkungan yang memiliki polusi lumayan tinggi, bisa jadi penyebab dari rambut kita yang beruban  adalah karena paparan polusi udara.

Stress

Percaya tidak percaya stress yang menimpa pada diri kita bisa mempercepat rapatan genetika dan tentu saja menimbulkan akibat yang tidak baik. contohnya bisa mengubah warna rambut kita.

Semakin sering kita terkena stress, maka akan semakin tinggi pula risiko rambut kita akan beruban.

So mulai dari sekarang kalau tiba-tiba stress harus cepat-cepat menghindar ya, agar rambut cantik kita tidak cepat beruban

Merokok

Merokok baik perokok aktif ataupun perokok pasif bisa terkena risiko memiliki rambut beruban lebih cepat.

Paparan asap rokok dipercaya dapat memengaruhi warna rambut. Jadi kalau kamu seorang perokok aktif

Hormon

Perubahan hormon juga bisa menjadi alasan rambut jadi beruban. Rambut bisa berkurang teksturnya, kerapatannya, dan warnanya seiring waktu berjalan karena adanya perubahan hormon. Proses ini umumnya mulai terjadi saat mencapai usia 30 tahun. Mulai pada usia tersebut, akan terlihat perbedaan yang cukup kentara pada warna rambut.

Kekurangan Nutrisi

Tidak mencukupi semua kebutuhan nutrisi penting bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Misalnya, kekurangan vitamin B12 bisa membuat rambut kering, tipis, dan cepat beruban.

Masalah Medis

Sejumlah penyakit autoimun juga dapat membuat rambut beruban. Penyakit autoimun dapat menyerang sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan rambut beruban di usia dini.

Faktor Genetik

Coba cek dan tanya ke orangtua kapan rambut mereka mulai beruban. Salah satu alasan rambut kita cepat beruban bisa jadi karena ada faktor genetik. Bila orangtua kita rambutnya sudah beruban sejak usia muda, maka ada kemungkinan rambut kita juga beruban di usia muda.

 

 

Posting Komentar untuk "Penyebab Munculnya Uban Di Usia Muda "